Rabu, 08 November 2023

Profil dan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Cibiru


 


    Puskesmas Cibiru Hilir  merupakan salah satu puskesmas di Kabupaten Bandung yang terletak di Jalan    Desa Cibiru Hilir  RT 03 RW VII, Kecamatan Cileunyi. Di Kecamatan Cileunyi terdapat 2 puskesmas lain yaitu Puskesmas Cileunyi dan Puskesmas Cinunuk. Puskesmas Cibiru Hilir adalah Puskesmas TTP (Tanpa Tempat Perawatan) yang dibangun pada tahun 2010 dengan alasan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan terhadap warga Desa Cibiru Hilir dan Cibiru Wetan, yang merupakan desa binaan Puskesmas Cibiru Hilir.

    Puskesmas Cibiru Hilir terletak di Desa Cibiru Hilir, sehingga masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Cibiru Hilir sebagian besar adalah warga Desa Cibiru Hilir. Sebagian warga Desa Cibiru Wetan jarang berkunjung ke Puskesmas Cibiru Hilir karena jarak yang jauh dan membutuhkan biaya transportasi yang lebih besar.
Luas Wilayah      :  1. Desa Cibiru Hilir 311,85  Ha
                                 2. Desa Cibiru Wetan 324,76 Ha

Batas Wilayah     :

Barat         : Kecamatan Cibiru Kota Bandung
Utara         : Kecamatan Cipadung Kota Bandung
Timur         : Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi

Selatan      : Kecamatan   Rancaekek

    Puskesmas Cibiru Hilir termasuk puskesmas perkotaan. Sebagian penduduknya  bertempat tinggal di perumahan dan berpenghasilan sebagai pegawai.
Program skrinning/penjaringan anak sekolah di utamakan sebagai upaya peningkatan kesehatan (promotif) dan upaya pencegahan (preventif). Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui secara dini masalah kesehatan anak sekolah sehingga dapat diambil tindakan lebih lanjut untuk mencegah memburuknya penyakit, dan sebagai upaya mengumpulkan data dan informasi untuk dijadikan bahan penyusunan perencanaan pemantauan program puskesmas.
    Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan umum, pengukuran tinggi badan dan berat badan dalam menentukan status gizi dan pemeriksaan gigi mulut.
    Upaya Promotif  yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Cibiru Hilir diantaranya yaitu melakukan Promosi Kesehatan. Promosi kesehatan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi angka kesakitan khususnya di wilayah kerja Puskesmas. Adapun bentuk promosi kesehatan yaitu dengan penyuluhan kepada warga masyarakat khususnya di wilayah kerja Puskesmas Cibiru Hilir. Penyuluhan merupakan kegiatan utama yang dilakukan Puskesmas Cibiru Hilir. Karena melalui penyuluhan inilah, petugas kesehatan dapat menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat mengenai kesehatan.  Penyuluhan dilaksanakan di tempat di mana orang banyak berkumpul, misalnya di posyandu, sekolah, pertemuan tingkat desa, dan lain-lain. Untuk mengatur supaya informasi kesehatan dapat tersebar merata tetapi juga pelayanan di puskesmas tetap berjalan, maka kami membuat jadwal penyuluhan yang berbeda beda setiap bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar